5 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Gairah Seks Pada Wanita

5 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Gairah Seks Pada Wanita

Jakarta – Gairah seks wanita bisa berbeda dari pria, karena perbedaan hormon yang membentuk karakter seks masing-masing. Libido pada wanita terkadang bisa lebih rumit dari pria akibat perubahan hormon yang terjadi saat remaja, kehamilan, menopause, belum lagi jika faktor stres atau depresi ikut andil.

Spesialis penyakit dalam dan konsultan medis Nancy Simpkins, M.D., menuturkan hal-hal yang perlu wanita ketahui tentang libidonya. Apa saja?

1. Makin Tinggi Testosteron, Making Tinggi Libido

Level testosteron berbanding lurus dengan libido. Itulah sebabnya kenapa pria lebih mudah terpicu gairah seksnya baik dengan stimulasi visual, audio maupun sentuhan.

“Pria punya jumlah testosteron yang lebih banyak daripada wanita. Tapi menariknya, wanita muda juga memiliki sirkulasi testosteron yang lebih besar jika dibandingkan dengan wanita yang lebih tua atau sudah menopause. Itulah yang menyebabkan penurunan seks wanita seiring bertambahnya usia,” ujar dokter yang sering menangani masalah libido pada wanita ini, seperti dikutip dar Marie Claire.

2. Libido Wanita Muncul Lebih Lama dari Pria

Gairah seks pria mencapai puncaknya ketika menginjak usia 18 tahun. Sementara wanita, baru mengalaminya di usia sekitar 32. Nancy menyebutkan libido memang bisa berbeda-beda pada tiap orang tapi secara rata-rata, pria memang lebih dulu memuncak gairah seksnya daripada wanita karena faktor hormon.

“Wanita di usia produktif memiliki beberapa konflik pada libidonya karena ovulasi, kehamilan, pasca kehamilan,” terang Nancy.

3. Makanan Aphrodisiac Tidak Ada

Menurut Nancy, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa makanan tertentu bisa meningkatkan libido. Tapi memang ada kemungkinan libido Anda bisa meningkat karena makan malam romantis dan menyenangkan bersama pasangan.

Makanan aphrodisiac memang masih jadi perdebatan. Namun Nancy mengakui adanya makanan yang bisa meningkatkan sirkulasi darah seperti salmon, stroberi, blueberry, asparagus dan biji-bijian. Jantung sehat dan sirkulasi darah yang baik, akan mengalirkan nutrisi dan oksigen ke area genital lewat aliran darah. Hasilnya, organ genital berfungsi lebih baik dan jadi lebih cepat bergairah.

4. Gairah Seks Wanita Mencapai Puncaknya Saat Ovulasi

Saat ovulasi, hormon seks wanita seperti estrogen dan testosteron meningkat sehingga membuat gairah seks juga meninggi. Maka dari itu disarankan Anda berhubungan seks tanpa alat kontrasepsi saat ovulasi jika ingin hamil.

5. Kehamilan Meningkatkan Libido

Pada kebanyakan wanita, kehamilan bisa meningkatkan gairah seks. Hal ini karena terjadinya peningkatan hormon di dalam darah. Selain itu secara psikologis, wanita tidak khawatir lagi akan kehamilan –karena memang sudah hamil– sehingga lebih relaks dan menikmati seks.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s